Ini dia 5 Keuntungan Menjadi Blogger


Kamu suka membaca? Menulislah! Kamu suka menulis? Ayo asah terus kemampuan menulismu! Kamu punya unek-unek? Menulislah! Kamu punya banyak ide namun tidak bisa mengungkapkannya? Sebaiknya menulis!kamu seorang Guru? Menulislah! Apapun profesimu ayo menulis!

Kata Pramoedya Ananta Toer “orang boleh pandai setinggi langit,tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Adanya Social media membuat hampir semua orang pintar menulis. Apapun. Dan terutama perempuan, mereka bisa menulis lebih banyak dan lebih panjang dari penulis laki-laki. Apa alasannya? Perempuan mampu mengeluarkan kata hingga 20.000 kata/ hari di banding laki-laki yang hanya mampu berbicara 7000 kata /hari.

Bisa di bayangkan jika perempuan tidak mampu mengungkapkan kata-kata yang ada dalam hati dan fikirannya, maka akan tersendat dan stress, menulis adalah pilihan terbaik untuk menyalurkannya sebagai self theraphy agar tidak mudah stress.

Menulis di social media sah-sah saja selama bisa membuat plong tapi tentu harus pandai juga memilih sesuatu yang baik untuk bisa dituliskan. Menulis yang baik adalah menulis yang bermanfaat untuk orang banyak.  tidak menyinggung orang, tidak menjatuhkan orang dan tidak menyakiti orang lain.

Tidak harus punya bakat menulis untuk menjadi seorang penulis. Siapapun bisa menulis. Sekarang begitu banyak pilihan orang untuk menentukan jenis tulisan apa yang dia suka, dan bagaimana cara mempublikasikannya.

BLOGGER DAN WRITER
Keduanya sama-sama penulis. Lantas apa bedanya blogger dan writer? Blogger adalah penulis yang mempublikasikan tulisannya di blog atau website. Sementara writer (mungkin penulis cerpen, novel atau apapun) adalah penulis yang mempublikasikan tulisannya melalui buku atau media cetak.

Kenapa writer wannabe  harus menjadi blogger? Orang menulis di blog biasanya berdasarkan hobi, atau yang masih belum percaya diri untuk menerbitkan sebuah buku. Terkadang blog di pakai sebagai ajang latihan menulis untuk para penulis pemula. Why? Menulis di blog adalah sebebas-bebasnya menulis tanpa harus memikirkan EYD (meskipun sekarang google teliti untuk hal-hal seperti ini), kita bisa menerbitkan atau mengedit tulisan kita kapanpun kita mau.

Banyak para penulis yang membukukan tulisannya dari kumpulan-kumpulan artikel di website pribadinya. Naskah calon buku biasanya akan menjadi lebih baik dan sudah rapi secara tata bahasa.

KEUNTUNGAN BLOGGER
Kalau kamu konsisten menulis dan mau menjadi blogger sesungguhnya. Sangat banyak sekali Keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai blogger, diantaranya:

1. Bebas  Menulis

Di blog itu ada yang namanya niche blog artinya jenis tulisan apa yang kita suka dan kuasai, misalnya tentang travelling, culinary, beauty, kesehatan dan sebagainya sementara lifestyle blog adalah niche blog untuk kamu yang suka nulis apapun. Kamupun bebas menulis dan menerbitkan tulisanmu kapanpun.

2.Bisa menulis dan biasa membaca

  Keterampilan menulismu yang acak-acakan lama-lama akan membaik. Kamu akan menyadari banyak hal jika tulisan merasa kosong dan tak bernyawa maka jalan satu-satunya adalah banyak membaca. Membaca akan menjadi sebuah kebutuhan positif dan menulis akan menjadi sebuah keharusan.

. 3. Berkomunitas

Jika kamu sudah terjun ke dunia menulis, mau tidak mau kamu harus berkomunitas dengan sesama  penulis dan blogger , apa tujuannya? Berkomunitas membantu kamu terus konsisten menulis dan ngeblog, saling menyemangati satu sama lain. Kekuatan berkomunitas itu sangat besar pengaruhnya agar blog kita terus tumbuh.

4.Penghasilan dari Google

Inilah tujuan yang di harapkan banyak blogger. Siapa yang tidak mau mendapat penghasilan dari blog? Sebenarnya mendapatkan penghasilan adalah bonus. Karena tujuan utama menjadi blogger adalah untuk berbagi hal-hal yang baik dan bermanfaat. Teringat kuat kata mentor di kelas menulis yang pernah saya ikuti kira-kira intinya seperti ini “ rezeki itu akan mengikuti kebaikan” penghasilan dari ngeblog akan sesuai dengan kebaikan apa yang kita niatkan sebelum awalnya memutuskan menjadi blogger. Berpenghasilan oke tapi jangan di jadikan sebuah tujuan, menulislah dulu dengan baik dan benar.

5.Tulisan kita dibayar langsung

Jika tulisan mu sudah baik dan benar serta layak dibaca. Website atau blog mu juga sudah cantik dan enak dipandang. Saatnya mendaftarkan blog mu ke google adsense, apa tujuannya? Agar muncul iklan di blog kita. Jika sudah di acc google, iklan pun akan mudah muncul di blog kita, mempromosikan blog dengan sering, pengunjung banyak dan naik terus. Maka tulisan yang kita buat dibayar langsung oleh google ke rekening kita sendiri loh. Wow! Ini yang paling menguntungkan dari blog Karena bentuknya online jadi lebih cepat hasilnya, lebih cepat juga tulisan kita dibaca orang, dibanding dengan menulis buku. Proses untuk terbitnya saja berbulan-bulan. Blog adalah pilihan terbaik untuk penulis sebelum terbit buku.

Semoga bermanfaat.

Cara membuat blog dan apa yang harus kamu lakukan sebelum punya blog, ada di tulisan setelah ini ya. Don’t miss it!

 (Gambar by.HastyInsight.com)



0 Comments