Ini Caranya Menjadi Blogger. Blogger? Why Not?

Tak harus Guru, siapapun bisa menjadi penulis sebab menulis adalah sebuah keterampilan berbahasa yang harus dimiliki semua orang dengan  profesi apapun. Menulis adalah mencurahkan isi pikiran atau ide, pendapat atau opini, sejarah atau cerita yang tidak bisa di ucapkan dengan kata-kata tapi dengan tulisan yang bisa dibaca.

Kamu merasa punya banyak ide untuk menulis? Kamu punya curahan hati dan bingung menceritakannya kepada siapa? Maka menulis adalah solusi. Namun bagaimana caranya agar tulisan kita dibaca orang banyak dan tujuan  tersampaikan?

Dulu, tulisan kita kalau mau di baca harus terpampang di media cetak, atau buku dan inipun berlaku untuk penulis pemula juga. Apakah sekarang tidak bisa? Bukan tidak bisa, namun prosesnya lama.

Untuk menerbitkan sebuah artikel di media massa begitu banyak tahapan, selain  idenya yang jelas. Penulisan yang baik dan benar sesuai PUBEI sangat di prioritaskan.

Begitupun dengan menerbitkan sebuah buku, penerbit begitu pilih-pilih untuk menerbitkan buku penulis, jika penulis itu sudah terkenal, penerbit berani mengambil risiko, namun tidak untuk penulis pemula. Untuk menerbitkan buku antologi saja bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk siap cetak. Ide yang kita punya keburu mengendap atau out of date.

Tapi ini bukan berarti mengajak pesimis untuk tidak menerbitkan buku, ini kan prosesnya.
Lantas dimanakah dan bagaimana tulisan kita agar cepat menemukan pembaca, ide tersampaikan dengan jelas dan syukur-syukur tulisan kita mampu mempengaruhi pembaca, maka menulislah yang baik dan bermanfaat. Solusi nya, yuk membuat blog personal.

Apa itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama)

kita bisa menulis apapun di Blog. yang mahir atau pemula sama saja. Blog untuk siapapun yang mau menulis.

Kenapa harus Blog?

Karena blog membantu penulis pemula untuk mencurahkan isi pikirannya bahkan isi hatinya dalam sebuah tulisan dan bisa di edit atau di publish kapanpun.

Bagaimana cara membuat blog?

Banyak tutorial yang bisa digunakan untuk membuat akun blog salah satunya seperti dibawah ini (ini yang blogspot, tutorial diambil dari google.com):

  1. Login ke blogger
  2. Di sebelah kiri, klik panah bawah.
  3. Klik blog baru
  4. Masukkan nama blog
  5.   Pilih nama blog atu URL
  6. Pilih template
  7.  Klik buat blog
Apa yang harus kamu lakukan setelah punya Blog?

  1. Yang pasti siap Ponsel atau laptop yang mendukung untuk membuat blog. Jaringan internet harus mendukung. 
  2. Menulis yang banyak (artikel di Blog biasanya 300-500 kata) dan terpenting harus menulis dengan rutin dengan gayamu sendiri. Tidak plagiat.
  3. Rajin membaca dan berkunjung ke Blog orang lain
  4. Mengikuti pelatihan blogging baik secara online atau offline
  5. Berkomunitas dengan sesama blogger (ini membantu blog mu di kenal)
  6. Percantik blog
  7. Daftar domain, agar blog mu terlacak google.
  8. Daftar adsense agar blog mu menghasilkan rupiah
  9. Daftar SEO agar artikel mu ada di pencarian teratas google
  10.  Nikmati hari-hari mu dengan blogging dan nikmati indahnya blogging
  11. Promosiikan blog mu melalui media social yang kamu punya.

Kenapa harus promosi? 

Ini membantu menambah pageviews blog mu. Meskipun pembaca itu selalu ada saja di blog kita, tujuan promosi adalah untuk memperluas jangkauan blog yang kita punya. Promosi gratis kok. Kalau nggak mau promosi, nulis saja di Diary dan jangan lupa di gembok yah hahaha. 

Tujuan promosi juga untuk membranding Blog kita. saking majunya zaman kita bisa membranding diri dan blog kita sendiri dengan memanfaatkan kekuatan media sosial. masih malu menulis? pendam saja sampai jerawatan hehe

Intinya blogger adalah penulis, tapi penulis belum tentu blogger. Siapapun kamu ayo menulis ayo membaca! kita buang budaya orang Indonesia yang katanya "buta membaca lumpuh menulis" 

Lalu apa keuntungan yang kita dapat dari blog? Baca disini ini dia 5 keuntungan menjadi blogger yang jelas banyak sekali keuntungannya , nggak percaya? Coba saja! Hayuk nulis hayuk ngeBlog!

Kerugian dari blogging ada Nggak ya? Tulisan berikutnya ya, don’t miss it! 

Semoga bermanfaat, thank’s for reading.









2 Comments

  1. Yes! Bener banget Mbak. Jangan jadi "Lupa membaca, lumpuh menulis." Untuk tutorial bikin blog pemula di blogger, ada di blog saya yang mau baca.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....