Pembiayaan UMi Geliatkan Usaha Kecil Pasca Pandemi

Pembiayaan UMi geliatkan usaha kecil pasca pandemi
peserta workshop menulis

    Pada hari Kamis 16 Desember 2021 saya mengikuti event blogger di Kalpatree cafe, Bandung berupa workshop menulis dengan tema yang sangat menarik yaitu tentang produk pembiayaan. 

    Event ini dihadiri kurang lebih 50 blogger yang berasal dari Bandung dan sekitarnya. Mengangkat tema yang sedang dibutuhkan masyarakat saat ini yakni pembiayaan untuk sebuah kegiatan usaha. 

    Narasumber yang kompeten dari Kemenkeu Bapak Adhita Surya Permana,  memaparkan materi yang sangat menarik, jelas dan rinci. Selain dari kemenkeu event ini juga didukung oleh Bisnis.com dan Bisnis Indonesia. 

Pembiayaan UMi geliatkan usaha kecil pasca pandemi
Adhita Surya Permana
kepala Divisi Sistem Informasi dan Teknologi PIP

Berbicara tentang bisnis, salah satu praktik bisnis yang giat dijalankan para pelaku bisnis adalah praktik UMKM. UMKM atau usaha mikro, kecil dan menengah merupakan praktik bisnis yang dijalankan oleh pelaku bisnis baik secara perorangan atau badan usaha dengan skala kecil. 

UMKM juga memiliki ciri dimana komoditi yang dijual dapat berganti sewaktu-waktu dan bersifat tidak tetap. Selain itu, tempat usaha bisa berpindah dan penerapan administrasi yang masih kurang. Di sisi lain, jiwa entrepreneur di antara para SDM-nya masih kurang, bahkan terkadang legalitas usaha mereka sendiri masih belum lengkap, terlebih jika usaha yang dijalankan dipegang oleh seorang diri.

   APA ITU UMi?

         UMKM memiliki peran yang cukup besar dan penting bagi perekonomian negara. UMKM dapat mendorong pemerataan ekonomi dengan membuka kesempatan untuk daerah-daerah terpencil di Indonesia mendapatkan akses untuk memenuhi kebutuhan utamanya. Selain itu, UMKM juga dapat menjadi lapangan pekerjaan yang lebih luas untuk semua lapisan masyarakat. 

    Produk UMKM juga dapat membantu pertumbuhan devisa negara. Dengan produk yang dapat memikat konsumen asing, sehingga kegiatan ekspor pun akan dilakukan. Jika produk UMKM mampu menembuh pasar internasional, maka devisa negara akan ikut tumbuh bersama.

           Faktor kesuksesan UMKM diantaranya Pemanfaatan teknologi dan Informasi serta dukungan finansial perbankan. Secara tidak langsung, faktor kesuksesan ini menjadi faktor penghambat suksesnya para pelaku UMKM, mengapa? Sebab, masih banyak pelaku UMKM yang belum mampu memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada atau terhambat dengan finansial mereka.

    Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia menghadirkan program bantuan untuk pelaku bisnis UMKM yaitu pembiayaan ultra mikro atau yang dikenal dengan UMi sebagai bentuk upaya pemerintah untuk melindungi UMKM dari dampak pandemi, khususnya untuk pelaku usaha ultra mikro yang berada dibawah skala UMKM. 

        

Pembiayaan UMi geliatkan usaha kecil pasca pandemi

        UMi merupakan program bantuan lanjutan dari program bantuan sosial yang menyasar UMKM yang belum terfasilitasi program perbankan melalui progam Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Harapannya, dengan bantuan pembiayaan UMi, para pelaku UMKM dapat kembali bangkit menjalankan usahanya.

Pemerintah sendiri menunjuk Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) sebagai koordinator pendanaan pembiayaan UMi. 

Program pembiayaan UMi memberikan fasilitas pembiayaan finansial bagi pelaku UMKM maksimal sebesar Rp. 20.000.000 yang sebelumnya masksimal sebesar Rp. 10.000.000 dengan harapan pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya lebih baik. 

Dana pembiayaan UMi akan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank. Di tahun 2018, pembiayaan UMi ditargetkan untuk menyentuh 800.000 pelaku UMKM yang tidak terfasilitasi bank.

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) meluncurkan kampanye “Bersama Sahabat-UMi Bangkit” sebagai upaya mendorong peningkatan ekosistem pinjaman bagi pelaku UMKM. Sebab, banyak pelaku UMKM yang harus gulung tikar usaha mereka akibat dampak pandemi yang menggerus modal, tetapi tidak dibarengi dengan jumlah permintaan yang sesuai.

TUJUAN UMi

Peluncuran kampanye ini diharapkan akan menjadi berita baik untuk pelaku UMKM di Indonesia terkhususnya pelaku usaha ultra mikro yang sangat terdampak oleh adanya pandemi. Sehingga dengan UMi, mereka mampu bertahan dan melanjutkan usaha mereka. Selain program pinjaman, Pusat Investasi Pemerintah sendiri memberikan dukungan berupa pelatihan dan pendampingan dalam hal pemasaran, keuangan, legalitas dan lainnya.

Pusat Investasi Pemerintah juga mengharapkan program-program yang dihadirkan, termasuk pembiayaan UMi dapat lebih berdaya guna dan mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional. Ini merupakan tujuan utama dari pembiayaan UMi sendiri yang membantu para pelaku usaha untuk bisa mandiri dan berkembang meningkatkan aset, sehingga memperoleh kesempatan mendapatkan fasilitas KUR karena dianggap telah memenuhi syarat perbankan.

SYARAT MENDAPATKAN PEMBIAYAAN UMi

Pembiayaan UMi ditujukan untuk pelaku usaha yang memiliki keterbatasan akses perbankan, sehingga untuk pendapatkan pinjaman dari program pembiayaan UMi, nasabah hanya perlu menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga. Setelah itu, nasabah dapat menunggu tim survei datang untuk menilai kelayakan.

Syarat lain untuk mendapatkan pembiayaan UMi selain merupakan warga negara Indonesia adalah pelaku UMKM tidak sedang dibiayai oleh lembaga keuangan atau koperasi dan memiliki ijin atau keterangan usaha dari intansi pemerintah atau dari penyalur. 


Pembiayaan UMi geliatkan usaha kecil pasca pandemi

Lembaga penyalur pembiayaan UMi diantaranya adalah penyaluran langsung melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank, Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani. 

Penyaluran secara tidak langsung, disalurkan melalui koperasi atau LKM. Setelah mendapatkan dana pinjaman dari program pembiayaan UMi, nasabah dapat mengunakannya untuk memulai kembali usaha yang sempat terganggu gerak lajunya.

Dengan adanya program pembiayaan UMi, tujuan untuk membangkitkan UMKM Indonesia yang terhambat bahkan terdampak pandemi dapar terealisasikan. 

Harapannya, UMKM di Indonesia dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas usaha mereka, sehingga pemulihan perekonomian Indonesia juga dapat ikut membaik.


#PIPUMi

#UMiUntukNegeri


Sumber

 

"UMi" https://www.kemenkeu.go.id/umi

"Komitmen Pemerintah Bangkitkan UMKM Melalui Pembiayaan UMi Terus Berlanjut" https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/komitmen-pemerintah-bangkitkan-umkm-melalui-pembiayaan-umi-terus-berlanjut/

"Pemerintah Targetkan Pembiayaan UMi Rp5,6 Triliun Tahun Ini - Bisnis.com" https://m.bisnis.com/amp/read/20210901/9/1436516/pemerintah-targetkan-pembiayaan-umi-rp56-triliun-tahun-ini

 


11 Comments

  1. Alus pisan Ola,, the best maju terus pejuang Indonesia

    ReplyDelete
  2. Semoga dengan adanya UMi ini, UMKM di Indibesia semakian bangkit dan Indonesia semakin maju ya kak

    ReplyDelete
  3. Program baru untuk mensupport UMKM, khususnya usaha mikro Indonesia yang tentunya saat pandemi ini masih belum stabil. Salut mba nya rajin menghadiri eventnya bersama blogger lain. Sukses selalu

    ReplyDelete
  4. Kirain program baru, tetapi ternyata yang menggerakkan Kredit Usaha Rakyat, ya. Kalau KUR mah sudah sering dengar, suka liat iklan di tivi. 🙂

    ReplyDelete
  5. Semoga Dengan adanya program pembiayaan UMi,UMKM Indonesia yang terhambat pandemi bisa bangkit ya kak.. Aamiiin semangat terus buat semuanya

    ReplyDelete
  6. Semoga dengan adanya UMi ini perekonomian Indonesia bisa bangkit dan berkembangbya Mba.
    .
    Setuju sekali penerima bantuan dipisahkan dari penerima Kredit Usaha Rakyat. Jadinya penyebaran bantuan bisa merata

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ada kemudahan untuk memajukan usaha semoga UMKm di negeri kita segera bangkit perekonomian segera naik akibat pandemi

    ReplyDelete
  8. Maksimal 20 juta ini besar banget utk seorang wirausaha nih mba. Umi peduli banget ya sama keberadaan UMKM. Salut saya

    ReplyDelete
  9. semoga dengan adanya UMI bisa membantu perkembangan UMKM d indonesia

    ReplyDelete
  10. Semoga keberadaan institusi ini bisa bantu UMKM di tengah pandemi ya. Biar ekonomi Indonesia bangkit dan pengangguran berkurang.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....