Talam Asin : Kue Legendaris Indonesia

 

Kue talam asin legendaris
Kue talam asin/ talam bawang

Berbicara kue tradisional yang legendaris seketika saya teringat nenek saya, sejak saya kecil nenek saya ahli dalam membuat kue tradisional terutama khas Sunda dari mulai Ali agreum, gemblong, wajik, Bugis, dodol, lapis kanji, bibika, talam manis dan talam asin dan sebagainya.

Dulu memasak dengan menggunakan tungku kayu bakar, saya sering sekali melihatnya hampir setiap saat ketika saya berkunjung, Karena nenek saya membuat kue untuk dijual kembali. Jadi, beliau memproduksi setiap hari.

Kini nenekku sudah jarang bahkan tidak pernah membuat kue karena usianya yang sudah sangat sepuh hampir 100 tahun. 

Keahlian membuat kue tradisional di turunkan kepada anaknya, yaitu ibuku. Saya sih ngga bisa masak cuma bisa memperhatikan dan menikmati haha.

TALAM ASIN

Tapi ada satu makanan tradisional buatan nenekku yang saya mau mempelajarinya, selain rasanya yang enak, asin, gurih dan bentuknya unik, bahkan rasanya tahan lama di lidah. Yaitu talam asin atau sering disebut talam bawang karena topingnya menggunakan bawang merah goreng.

Kenapa disebut legendaris? karena kue ini ada sejak saya masih sangat kecil hampir 30 tahun lebih saya mengenalnya, bagaimana tidak legendaris ya.

Untuk melestarikan kuliner tradisional tentu saja saya tidak ingin makanan kesukaan saya punah begitu saja, pelan- pelan saya memperkenalkannya ke anak- anak saya, sukur- sukur anak saya ada yang mau mempelajarinya.


Ini dia resep talam asin yang mau saya bagi ke semua pembaca. Saya dapat resepnya langsung dari nenek saya. Dan ketika saya praktikan hasilnya memang tidak sebagus yang nenek saya buat, ini percobaan kesekian hasilnya Alhamdulillah tidak begitu mengecewakan hehe.

Bahannya mudah banget dan gampang ditemukan,

Bahan-bahan: 

✅500 gr tepung beras

✅200gr tepung kanji

✅Santan dari setengah butir kelapa/ santan instan 65ml + air 300ml


✅Garam 

✅ Gula pasir sedikit (kalau suka)

Bahan Toping:

✅Bawang goreng 

✅Seledri (di iris)

✅Cabe merah (di iris kecil)


Cara Membuat :

✅Campur santan dengan tepung beras dan kanji secara pelan-pelan tambahkan garam di aduk sampai tercampur rata. 

Tekstur Adonannya encer ya tapi tidak terlalu encer.

✅Kalau sudah tercampur masukkan ke loyang, atau cetakan yang sudah di olesi minyak.

✅Dikukus 30 menit.

✅Setelah matang diangkat 

✅Tambahkan toping diatasnya. 

✅Talam sudah siap dihidangkan, dingin enak hangat juga enak. 

Yuk dicoba gampang sekali bikinnya.  


#kuetradisional

#kuelegendaris

#14daysblogspediachallenge














3 Comments

  1. Emmmm yummy paling mantap dimakan sama kuah bakso, euuuh eduuun endulitašŸ¤£šŸ¤£

    ReplyDelete
  2. MasyaAllahu tabarakallahu, semoga neneknya selalu diberikan kesehatan di usia yg sdh 100 tahun. Thankyou sharing resepnya,mba, saya suka talam asin juga.

    ReplyDelete
  3. jajanan jadul emang bikin ngangenin deh.. cuma sayangnya sekarang udah susah banget nemuinnya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....